Kehilangan seseorang yang dicintai merupakan pergumulan jiwa yang sulit bagi mereka yang ditinggalkan. Perasaan sedih dan duka akan terus menyelimuti diri dan entah kapan seseorang dapat melaluinya dan pulih seutuhnya. Terkadang timbul keinginan menghibur tetapi ada pula yang hanya terdiam karena kehilangan kata-kata untuk diucapkan. Jika Anda punya keinginan menghibur, boleh saja asalkan hindari perkataan atau tindakan yang membuat teman justru semakin bertambah sedih. Berikut beberapa yang dapat Anda lakukan.

1. Sentuhan simpati

Tunjukkan rasa simpati dan prihatin Anda dengan sebuah pelukan, bila pihak yang berduka merupakan teman atau saudara yang dekat dengan Anda. Bila dia menangis karena sedih, sebaiknya Anda tidak mengucapkan kalimat seperti "Kamu harus kuat," karena kalimat ini justru kurang tepat. Pihak yang berduka justru perlu mengekspresikan kesedihannya, dengan begitu ia dapat lebih cepat menyembuhkan rasa kehilangannya.

2. Jadilah pendengar yang baik

Duduklah di samping teman Anda yang sedang berduka. Biarkan dia terdiam sejenak dengan pikirannya sendiri. Saat dia berbicara, dengarkanlah perasaan dan ungkapkan kesedihannya tanpa harus memberikan komentar atau saran. Yang ia butuhkan saat sedang berduka adalah seorang pendengar yang baik.

3. "Segala sesuatu yang terjadi ada alasannya"

Sebaiknya jangan pernah menghibur teman dengan kata-kata ini. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda, karenanya sebaiknya Anda berpikir dulu sebelum berucap. Kehilangan orang terkasih lewat kematian adalah hal yang sulit diatasi, karenanya jangan menilai bahwa apa yang terjadi pada mereka memiliki makna atau alasan tertentu.

4. "Saya tahu bagaimana perasaan Anda"

Kata-kata hanya akan membuat Anda terdengar seperti 'sok tahu' atas perasaan orang lain. Berhati-hatilah menghibur teman dengan ucapan ini, meski pun Anda pernah mengalami kehilangan, jangan membandingkannya dengan perasaan orang lain. Lebih baik Anda katakan, "Saya mengasihimu dan kamu tidak sendiri."

5. Dukungan Anda adalah penghiburan

Kunci untuk menjangkau teman yang sedang berduka adalah mendampingi tanpa perlu mengumbar kata-kata penghiburan yang tidak akan mengubah keadaan. Mereka harus menerima kenyataan yang terjadi. Agar lebih kuat menghadapinya, mereka layak mendapat dukungan Anda.

6. Perhatian yang penuh kasih

Tetap kunjungi teman atau saudara setelah pemakaman orang terkasihnya, itu adalah bagian dari penghiburan saat masih dalam suasana duka. Biarkan mereka merasakan kasih dan perhatiaan yang Anda berikan, hal ini sangat membantu dalam mengatasi kemalangannya.

7. Kisah nyata dari penghiburan

Stefani adalah seorang ibu yang kehilangan putrinya. Ia mendapatkan penghiburan dari sahabat yang mendampinginya dengan cara diajak berdialogi dengan almarhum putrinya melalui suara hati terdalam. Teman tersebut mengajaknya untuk berkonsentrasi pada dukanya, dengan ucapan "Jauhkan pikiran mu dari hiruk pikuk dunia, pusatkan hanya pada putrimu yang telah tiada.' Saat dia melakukannya, Stefani merasakan adanya bisikan halus dari 'suara hatinya' yang seakan-akan terdengar seperti almarhum putrinya sedang berbicara kepadanya. Saat itu ia mendengar, "Mama semuanya akan baik-baik saja dan janganlah merisaukan saya." Pengalaman ini sangat menghibur Stefani. Ia merasakan kedamaian dalam jiwanya dan menjadi pasrah dengan keadaan yang ada.

8. Penghiburan yang sejati

Biarkan teman atau saudara Anda tahu bahwa penghiburan yang terbaik dan sempurna akan diperoleh hanya datang dari Yang Maha Kuasa. Dalam doa yang khusyuk, penghiburan Ilahi akan mampu menimbulkan rasa damai dalam jiwa seseorang yang berduka.

Sumber :https://keluarga.com/3550/ini-etika-menghibur-rekan-yang-sedang-berduka